Rabu, 18 Juni 2014

contoh RPP model CTL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                   : -
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/ Semester                 : II (Dua) / I (Satu)
Pertemuan                         : ke 1
Aspek                                : Kognitif, Afektif, Psikomotorik
Alokasi waktu                   : 2 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti
 2. Menggunakan pengukuran waktu panjang dan berat dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
2.2 Mengukur menggunakan alat ukur pangjang tidak baku dan yang baku (cm,m) yang sering digunakan.

C.    Indikator
1.    Kognitif
a.       Membandingkan panjang pendeknya benda.
b.      Menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan tidak baku.
c.       Menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan  baku.
2.    Psikomotorik
a.       Menggunakan alat ukur yang baku (cm,m).
3.    Afektif
a. Jujur dalam mengerjakan tugas.
a.    Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
b.   Percaya diri akan kemampuan yang dimiliki.
c.    Mengeluarkan pendapat dengan bahasa yang baik.
d.   Menghargai pendapat, gagasan dan ide orang lain.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a.       Melalui demonstrasi, siswa mampu membandingkan panjang pendeknya benda  dengan tepat.
b.      Melalui demonstrasi, siswa dapat menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan tidak baku dengan benar.
c.       Melalui demonstrasi, siswa mampu menjelaskan perbedaan panjang pendeknya benda dengan satuan  baku dengan tepat.
2.    Psikomotorik
a.       Melalui demonstrasi, siswa dapat menggunakan alat ukur yang baku (cm,m) dengan benar.
3.    Afektif
a.       Melalui diskusi, siswa dapat bersikap jujur dalam mengerjakan tugas dengan benar.
b.      Melalui diskusi, siswa dapat bersikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dengan baik.
c.       Melalui demonstrasi, siswa dapat memiliki rasa percaya diri akan kemampuan yang dilimiliki dengan baik.
d.      Melalui diskusi, siswa dapat mengeluarkan pendapat dengan bahasa yang baik dan sopan.
e.       Melalui diskusi, siswa dapat menghargai pendapat, gagasan dan ide orang lain dengan baik.

E.     Materi Pokok
Alat ukur baku dan tidak baku (cm, m)
F.     Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model              : Kontekstual (CTL)
2.      Metode            : ceramah, diskusi, demonstrasi, tanya jawab
G.    Langkah-langkah pembelajaran
LANGKAH PEMBELA-JARAN
SKENARIO PEMBELAJARAN
ALOKA-SI WAKTU
PENDIDIK-AN KARAKTER
METODE
1.     Kegiatan Awal
Tahap I Persiapan
a.       Salam
b.      Berdo’a
c.       Presensi
d.      Pengkondisian kelas
e.       Apersepsi
f.       Motivasi
g.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
h.      Guru menanyakan kepada peserta didik tentang berapa tinggi badan masing-masing siswa dan bagaimana cara mengukurnya

5 menit


Religius










Ceramah




Tanya Jawab
2.     Kegiatan Inti (55 menit)
Tahap II
a.       Dengan dipandu guru, peserta didik menyebutkan tinggi badannya masing-masing.
b.      Guru membandingkan panjang buku tulis dengan pensil.
c.       Guru menyuruh siswa untuk mencari tahu  bagaimana membedakan panjang buku tulis dengan pensil.



5 menit



Jujur

  

   Demonstrasi

Tahap III Berpikir Bersama
a.       Guru membagi kelompok masing-masing anggota kelompok 4-5 orang
b.      Setelah berkelompok peserta didik, diberikan lembar kerja peserta didik untuk dikerjakan bersama.
c.       Guru meminta siswa untuk membandingkan panjang benda pada lembar kerja.
d.      Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dengan bimbingan guru.
e.       Guru menjelaskan satuan tidak baku (jengkal, depa, hasta dan langkah).
f.       Guru membagikan lembar kerja 2.
g.      Guru meminta siswa mengukur benda yang ada pada lembar kerja dengan menggunakan satuan tidak baku (jengkal, hasta, langkah, dan depa)
h.       Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dan pengukuran dengan bimbingan guru. Akan muncul perbedaan hasil antar kelompok dalam menggunakan alat ukur satuan tidak baku.
i.        Guru membimbing siswa menemukan alasan perbedaan hasil kerja setiap kelompok.
j.        Guru mengarahkan siswa untuk menggunakan alat ukur satuan baku (penggaris dan meteran).
k.       Guru meminta siswa mengukur benda pensil, sedotan, buku dan papan tulis menggunakan alat ukur satuan baku yaitu penggaris yang satuannya cm.
l.         Guru mengenalkan meteran untuk mengukur benda yang susah jika diukur dengan penggaris.
m.     Guru meminta siswa mengukur papan tulis dan pintu menggunakan meteran.
n.       Setiap kelompok membacakan hasil pengamatan dan pengukuran dengan bimbingan guru.
o.       Guru bersama-sama dengan siswa membuktikan hasil pengukuran yang tepat
p.      Guru bersama-sama dengan siswa menyayikan lagu ayo ukur


50 menit





















Kerjasama






Percaya diri







Tanggung Jawab





Percaya Diri


Menghargai



Diskusi



Demonstrasi











Tanya Jawab



Demonstrasi







Demonstrasi


3.     Penutup (interalisasidanrefleksi± 10 menit)
a.       Guru memberikan refleksi dan penguatan tentang materi
b.      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika ada yang masih belum jelas.
c.       Guru bersama-sama dengan peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
d.      Guru memberikan tugas pekerjaan rumah untuk mengukur benda – benda dirumah (lemari, meja belajar, ruang kamar dan televisi)
10 menit

Ceramah
Tanya Jawab

H.    Alat dan sumber belajar
a.       Sumber belajar            : BSE Senang Matematika 2: untuk SD/MI kelas 2. Oleh Amin Mustoha, Buchori, Erna Juliatun, Isti Hidayah.  Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
b.      Alat pembelajaran       : Penggaris, meteran, pensil, sedotan, papan tulis, buku

I.       Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
INSTRUMEN/ SOAL
KRITERIA PENILAIAN
1.       Tes tertulis
2.       Pengamatan
3.       Tugas
1.          LKPD
2.          Diskusi dan demonstrasi.
3.          Diskusi
Kriteriapenilaian (terlampir)




………, ….………

Mengetahui,
Kepala sekolah,                                                            Wali kelas III,


…………….…                                                             …………………



Lampiran 1
PETUNJUK DISKUSI
1.      Peserta didik membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota kelompok.
2.      Setiap kelompok dibagi LKPD.
3.      Diskusikan jawaban dari soal yang ada di LKPD!
4.      Presentasikan hasil kelompok di depan kelas!


Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA I
Isilah tabel dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
No
Benda
Panjang
Pendek
1
Pensil dengan sedotan


2
Buku tulis dengan pensil


3
Papan tulis dengan pintu




LEMBAR KERJA SISWA 2
Isilah tabel dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
NO
Benda
Alat ukur tidak baku
Alat ukur baku
jengkal
Hasta
depa
Langkah
cm
m  m
1.
Buku tulis






2.
Sedotan






3.
Pensil






4.
Papan tulis






5.
Pintu kelas










Lampiran 3

LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI SISWA

Petunjuk     : berilah tanda check (  ) pada kolom yang sesuai.
No.
Kelompok
Aspek yang diamati
Jum-lah skor
Ket.
Kerjasama
Keaktifan
ketepatan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
Kelompok I











2
Kelompok II











3
Kelompok III











4
Kelompok IV











5
Kelompok V











6
Kelompok VI












Kriteria penilaian          :           90 – 100          = A ( Sangat baik )
                                                  70 – 89            = B ( Baik )
                                                  50 – 69            = C ( Cukup )
                                                  30 – 49            = D ( Kurang )
                                                   0  – 29            = E ( Sangat Kurang )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar