Rabu, 18 Juni 2014

Evaluasi Pembelajaran Kisi-kisi Soal

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas                           : V
Semester                      : I
SK                              : Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu Budha dan   Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi Indonesia.
KD                              : Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.


No


Indikator

Tujuan
Pembelajaran
Level
Poin
Materi
Alat
Penilaian
Jml
Soal
Pedoman
Skor
C1
C2
C3
C4
C5
C6
SOAL PILIHAN GANDA
1
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
ѵ





Kenampakan alam mencakup wilayah darat dan lautan.
Tes tertulis.
1
1
2
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
ѵ





Wilayah daratan.
Tes tertulis.
1
1
3
Menyebutkan ciri-ciri flora dan fauna di Indonesia.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri flora dan fauna di Indonesia.
Ѵ





Letak sabana di Indonesia.
Tes tertulis.
1
1
4
Membedakan fauna dan flora di Indonesia.
Siswa dapat membedakan fauna dan flora di Indonesia.

Ѵ




Contoh fauna tipe Asia dan tipe Australia.
Tes tertulis
1
1
5
Menyebutkan letak astronomis Indonesia.
Siswa dapat menyebutkan letak astronomis Indonesia.
Ѵ





Letak astronomis Indonesia.
Tes tertulis.
1
1
6
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
Ѵ





Contoh kenampakan buatan.
Tes tertulis.
1
1
7
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
Ѵ





Manfaat adanya kenampakan buatan.
Tes tertulis
1
1
8
Menyebutkan letak Garis Meredian Pangkal.
Siswa dapat menyebutkan letak GMT.
Ѵ





Pedoman waktu Internasional.
Tes tertulis.
1
1
9
Menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
Siswa dapat menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
Ѵ





Daerah yang termasuk wilayah WIB.
Ter tertulis.
1
1
10
Menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
Siswa dapat menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
Ѵ





Selisih waktu antara GMT dan WIB adalah 7 jam.
Tes tertulis.
1
1
Jumlah soal pilihan ganda
10

SOAL URAIAN
1
Menjelaskan pengertian kenampakan alam dan buatan.
Siswa dapat menjelaskan pengertian kenampakan alam dan buatan.
Ѵ





Pengertian kenampakan alam dan buatan.
Tes tertulis.
1
4
2
Membedakan jenis flora di Indonesia.
Siswa dapat membedakan jenis flora di Indonesia.

Ѵ




Jenis flora di Indonesia.
Tes tertulis.
1
4
3
Menyebutkan kerugian pembangunan kenampakan buatan.
Siswa dapat menyebutkan kerugian pembangunan kenampakan buatan.
Ѵ





Kerugian kenampakan buatan.
Tes tertulis.
1
4
4
Menjelaskan pengertian musim pancaroba.
Siswa dapat menjelaskan pengertian musim pancaroba.

Ѵ




Pengertian musim pancaroba.
Tes tertulis.
1
4
5
Menyebutkan daerah pembagain wilayah waktu di Indonesia.
Siswa dapat menyebutkan daerah pembagian wilayah waktu di Indonesia.
Ѵ





Daerah pembagian waktu di Indonesia.
Tes tertulis.
1
4
Jumlah soal uraian
5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar