Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas :
V
Semester :
I
SK : Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu
Budha dan Islam, keragaman kenampakan
alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi Indonesia.
KD : Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
No
|
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Level
|
Poin
Materi
|
Alat
Penilaian
|
Jml
Soal
|
Pedoman
Skor
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
|||||||
SOAL PILIHAN GANDA
|
||||||||||||
1
|
Menyebutkan
ciri-ciri kenampakan alam.
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
|
ѵ
|
|
|
|
|
|
Kenampakan
alam mencakup wilayah darat dan lautan.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
2
|
Menyebutkan
ciri-ciri kenampakan alam.
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam.
|
ѵ
|
|
|
|
|
|
Wilayah
daratan.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
3
|
Menyebutkan
ciri-ciri flora dan fauna di Indonesia.
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri flora dan fauna di Indonesia.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Letak
sabana di Indonesia.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
4
|
Membedakan
fauna dan flora di Indonesia.
|
Siswa
dapat membedakan fauna dan flora di Indonesia.
|
|
Ѵ
|
|
|
|
|
Contoh
fauna tipe Asia dan tipe Australia.
|
Tes
tertulis
|
1
|
1
|
5
|
Menyebutkan
letak astronomis Indonesia.
|
Siswa
dapat menyebutkan letak astronomis Indonesia.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Letak
astronomis Indonesia.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
6
|
Menyebutkan
ciri-ciri kenampakan buatan.
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Contoh
kenampakan buatan.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
7
|
Menyebutkan
ciri-ciri kenampakan buatan.
|
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri kenampakan buatan.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Manfaat
adanya kenampakan buatan.
|
Tes
tertulis
|
1
|
1
|
8
|
Menyebutkan
letak Garis Meredian Pangkal.
|
Siswa
dapat menyebutkan letak GMT.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Pedoman
waktu Internasional.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
9
|
Menyebutkan
wilayah pembagian waktu di Indonesia.
|
Siswa
dapat menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Daerah
yang termasuk wilayah WIB.
|
Ter
tertulis.
|
1
|
1
|
10
|
Menyebutkan
wilayah pembagian waktu di Indonesia.
|
Siswa
dapat menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Selisih
waktu antara GMT dan WIB adalah 7 jam.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
1
|
Jumlah soal pilihan ganda
|
10
|
|
||||||||||
SOAL URAIAN
|
||||||||||||
1
|
Menjelaskan
pengertian kenampakan alam dan buatan.
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian kenampakan alam dan buatan.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Pengertian
kenampakan alam dan buatan.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
4
|
2
|
Membedakan
jenis flora di Indonesia.
|
Siswa
dapat membedakan jenis flora di Indonesia.
|
|
Ѵ
|
|
|
|
|
Jenis
flora di Indonesia.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
4
|
3
|
Menyebutkan
kerugian pembangunan kenampakan buatan.
|
Siswa
dapat menyebutkan kerugian pembangunan kenampakan buatan.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Kerugian
kenampakan buatan.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
4
|
4
|
Menjelaskan
pengertian musim pancaroba.
|
Siswa
dapat menjelaskan pengertian musim pancaroba.
|
|
Ѵ
|
|
|
|
|
Pengertian
musim pancaroba.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
4
|
5
|
Menyebutkan
daerah pembagain wilayah waktu di Indonesia.
|
Siswa
dapat menyebutkan daerah pembagian wilayah waktu di Indonesia.
|
Ѵ
|
|
|
|
|
|
Daerah
pembagian waktu di Indonesia.
|
Tes
tertulis.
|
1
|
4
|
Jumlah soal uraian
|
5
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar